Monday , December 6 2021

Apa yang Dimaksud Dengan Tabarruj

Apa yang Dimaksud Dengan Tabarruj

Apa yang dimaksud dengan Tabarruj adalah memamerkan kecantikannya dan memamerkan wajah serta tubuh beserta seluruh daya tariknya atau seperti dikatakan oleh Al-Bukhari rahimahullah: “tabarruj adalah wanita yang memamerkan kecantikannya.” Adapun asal kata tabarruj di ambil dari kata buruj yang yang berarti “gedung pencakar langit yang menjulang tingi dan menempati ketinggian tempatnya.

Apa yang Dimaksud Dengan Tabarruj

Apa yang dimaksud dengan Tabarruj, Tabarruj adalah menurut bahasa asal kata dari( تبرج ) tabarrajna dan tabarruj diambil dari kata ( برج ) baraja yaitu nampak dan tinggi. Larangan bertabarruj berarti larangan menampakan “perhiasan”’ dalam pengertian umum yang biasanya tidak ditampakan oleh wanita baik-baik, atau memakai sesuatu yang tidak wajar dipakai seperti berdandan secara berlebihan, atau berjalan berlenggak-lenggok dan
sebagainya.
Sedangkan menurut terminologi ajaran Islam, tabarruj adalah menampakan perhiasan, aurat dan keindahan tubuhnya selain kepada suaminya imam bukhari mendefinisikan tabarruj dengan memperlihatkan kecantikan atau keindahan diri seorang wanita. Menurut Ibnu Katsir, tabarruj adalah wanita yang keluar rumah dengan berjalan di hadapan orang laki-laki dengan maksud mengundang nafsu mereka. Inilah yang disebut sebagai tabarruj jahiliyah. Pengetian berhias di dalam bahasa arab sudah terkandung di dalam makna “tabarruj” yang menurut Imam Al- Bukhari bararti perbuatan wanita yang memamerkan segala kecantikan miliknya.
Asal kata “ tabarruj” berarti itu sendiri di ambil dari kata ‘al-buruj ’yakni bangunan benteng atau istana yang menjulung tinggi. Jadi wanita yang bertabarruj adalah wanita yang menampakan tinggi-tinggi kecantikanya, sebagaimana benteng, istana atau menara yang menjulang tinggi, dan tentu saja menarik perhatian orangorang
yang memandang nya
Menurut Syeikh Al-Maududi, kata tabarruj bila dikaitkan dengan seorang
wanita, memiliki tiga pengertian, yaitu:

1. Menampakan keelokan wajah dan bagian-bagian tubuh yang membangkitkan
birahi dihadapan kaum laki-laki yang bukan muhrimnya.
2. Memarkan pakaian dan perhiasan yang indah di hadapan kaum laki-laki yang
bukan muhrimnya.
3. Memamerkan diri dan jalan berlenggak lenggok di hadapan kaum laki-laki yang
bukan muhrimnya.

BACA JUGA :  Alam Antara Dunia dan Akhirat Adalah Alam

Tabarruj adalah menampakan perhiasan dan kemolekan yang justru seharusnya di tutupi karena dapat mengundang syahwat laki-laki, arti tabarruj meliputi pengertian berjalan berlenggak-lenggok di hadapan lali-laki seperti mempertontonkan rambut, serta perhiasan seperti kalung, permata, dan sejenisnya

Wanita yang mutabarijah ( suka pamer tubuh) adalah peluruh bagi senjata syahwat, yang menarik orang lain dengan kecantikannya dan menyebarkan kerusakan ke sekelilingnya, karena banyak yang melihatnya. Bahwa tabarruj adalah hawa nafsu yang lebih kuasa atas jiwa dan menjauhkan jiwa, serta membutakan mata wanita dan pria secara bersama-sama. Dia tunduk kepada hawa nafsunya, meskipun terpelajar.
Allah SWT berfirman:

Artinya: “Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya”

BACA JUGA :  Jenis-jenis Korupsi dalam Islam

Wanita yang memakai wewangian (farfum) lalu keluar dan berjalan dimuka satu kaum agar tercium baunya, maka (wewangian ) itu termasuk perhiasan ( zaniah). Maka tabarruj juga termasuk semerbaknya mewangian yang di pakai seorang wanita yang sengaja menarik perhatian orang lain karena kesemerbakan baunya.

Mengutip dari dalam kitab al-‘Ajabul ‘ujaab fi asykaalil hijab yang ditulis oleh syaikh ‘Abdul Malik bin Ahmad Ramadhani, bentuk tabarruj yang dilarang dalam Islam, yaitu:
  • Mengenakan jilbab yang tidak menutupi seluruh kepala hingga badan wanita.
  • Wanita yang memakai jilbab, tetapi justru menjadi perhiasan bagi yang mengenakannya.
  • Memakai pakaian yang ketat ataupun tipis sehingga auratnya masih terlihat.
  • Wanita yang keluar rumah dengan memakai minyak wangi.
  • Wanita tetapi memakai pakaian yang seperti laki laki.
  • Wanita yang memakai pakaian syuhrah, yaitu pakaian yang modelnya berbeda dengan pakaian wanita pada umumnya, dengan tujuan untuk membanggakan diri dan populer.

DAFTAR ISI