Monday , December 6 2021
Nama Rosulullah Sholallahu Alaihi Wasallam

Nama Rosulullah Sholallahu Alaihi Wasallam

Nama Rosulullah Sholallahu Alaihi Wasallam adalah MUHAMMAD BIN ABDILLAH BIN ABDIL MUTHALIB BIN HASYIM. Hal ini sesuai karena nabi Muhammad merupakan ank dari Abdullah, Abdullah merupakan anak dari Abdul Mutholib, sedangkan Abdul Mutholib merupakan anak dari Hasyim

Pembahasan

Nabi muhammad lahir dari seorang ayah yang bernama abdullah. Ayah nabi muhammad pada saat nabi muhammad lahir sudah meninggal dunia. Ayah nabi muhammad lahir pada usia nabi muhammad baru beberapa bulan dalam kandungan. Sehingga nabi muhammad lahir dalam keadaan menjadi anak yatim ( istilah untuk seorang anak yang telah ditinggal oleh ayahnya yang sudah meninggal).

Ayah dari ayah nabi muhammad atau kakek nabi muhammad dari pihak ayah adalah abdul muthalib. Nabi muhammad pernah tinggal dan berada di bawah asuhan kakeknya abdul muthalib selama kurang lebih 2 tahun yaitu mulai usia nabi 6 tahun hingga usia nabi 8 tahun. Nabi muhammad  tinggal dan berada di bawah asuhan kakeknya abdul muthalib setelah ibu nabi muhammad meninggal dunia ketika nabi muhammad berusia 6 tahun.

BACA JUGA :  Nama Tahun Kelahiran Rosulullah Sholallahu Alaihi Wasallam

Nabi muhammad sejak kecil terkenal sebagai pribadi yang memiliki perilaku yang baik. Nabi muhammad dari kecil sudah mandiri dan selalu rajin melakukan hal-hal yang baik. Pada saat kecil nabi muhammad pernah menggembala kambing. Nabi muhammad juga pernah ikut serta dengan pamannya untuk berdagang di kota syam. Selain itu nabi muhammad juga terkenal sebagai seorang yang dapat dipercaya sehingga mendapat gelar al amin dari masyarakat quraisy pada saat itu.

Nabi Muhammad adalah nabi terakhir atau penutup dari para nabi. Setelah beliau tidak ada lagi nabi maupun rasull lagi.

 

QS. Al-Ahzab Ayat 40  

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنۡ رِّجَالِكُمۡ وَلٰـكِنۡ رَّسُوۡلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَ ؕ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمًا

Artinya : Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

BACA JUGA :  Rosulullah Shalallahu Alihi Wasalam Wafat Pada Tahun?

Kelahiran Nabi Muhammad disebut tahun gajah karena pada waktu Nabi Muhammad lahir , kota Makkah diserang oleh tentara Abissinia yg dipimpin oleh Gubernur Abraha , dan tentara Abissinia itu mengendarai gajah, karena itulah untuk mengenang disebut dg tahun gajah.

Silsilah keluarga nabi muhammad dari segi Ayahnya :

Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Lu’ay .

Silsilah keluarga nabi muhammad dari segi Ibundanya :  

Aminah binti Wahab bin Abdi Manaf bin bin Zuhroh bin Kilab bin Murrah bin Lu’ay .

Nasabnya Bertemu di Kilab dan seterusnya.Nasab nya masih tersambung ke Nabi Ismail .

Nabi Muhammad SAW lahir dalam keadaan yatim , ayahnya meninggal ketika Rosulullah masih dalam kandungan , sehingga Rosulullah blom pernah melihat secara langsung wajah ayahnya.

Pada saat Usia 5 tahun , dadanya dibersihkan oleh malaikat jibril .. Dan pada saat Usia 6 tahun ibu kandungnya wafat , ketika pulang dari ziarah ke makan ayahnya , sampai didesa Abwa ibunya sakit dan meninggal di desa tersebut, Rosulullah pulang dg pembantunya yg bernama Ummu Aiman.

BACA JUGA :  Dahulu Rosulullah Sholallahu Alaihi Wasallam Menyendiri pada Bulan Ramadhan di?

Diasuh kakeknya dari usia 6 tahun sampai usia 8 tahun.  Pada waktu Rosulullah usia 8 tahun , kakek Rosulullah meninggal , dan Rosulullah diasuh oleh pamannya yang bernama abu tholib.  Usia 12 tahun , Rosulullah diajak pamannya berdagang ke negri syam.  Pada waktu berdagang bertemu dengan pendeta bukhoiroh , yang mengatakan kalau beliau melihat tanda” kenabian pada diri Rosulullah , dan meminta abu tholib untuk menjaganya dari orang” yang akan mencelakakannya.

Ikut siti khodijah berdagang , dan karena kejujurannya ahirnya khodijah jatuh hati pada rosulullah dan meminangnya untuk jadi pemimpin rumah tangganya , ketika itu rosulullah usia 25 tahun dan khodijah usia 40 tahun. Menerima wahyu pertama di usia 40 tahun.

Originally posted 2021-10-25 05:13:32.