Monday , December 6 2021
Manfaat Shalat Tahajud

Manfaat Shalat Tahajud

Manfaat Shalat Tahajud

Manfaat sholat tahajud akan banyak sekali untuk yang bisa melaksanakannya secara rutin dan istiqomah. Keutamaan sholat tahajud apabila teratur dilakukan akan menghujani kita dengan bermacam khasiat.

Manfaat sholat tahajud sedemikan besar dan mulia, Sebab sangat susah seseorang untuk bangun malam dari tidur setelah seorang sehabis banyak rutinitas yang padat seharian, seperti itu kenapa sholat ini menciptakan pencapaian jumlah pahala serta status yang besar dari Alloh SWT. Sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir sehabis bangun tidur. Adapun manfaat sholat tahajud antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membawa kita ke tempat yang terpuji serta mulia di sisi- Nya

Inilah janji Allah SWT yang hendak mengangkat umat- Nya ke tempat terpuji bagi yang menunaikan ibadah sholat tahajud dengan tekun serta ikhlas semata mata cuma mengharapkan ridha Ilahi. Memperoleh tempat terpuji, tempat yang istimewa di sisi Allah SWT ialah impian yang layak buat didekati oleh umat islam yang beriman.

2, Jadi lebih dekat dengan Allah

Khasiat sholat tahajud merupakan sebagai fasilitas buat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Perihal tersebut dikuatkan dengan statment hadits Rasulullah SAW:

“ Kamu harus melakukan sholat malam karena sholat malam adalah kebiasaan orang- orang saleh di hadapanmu, ibadah yang mendekatkan diri dengan Tuhanmu, dan menutupi rasa bersalah dan menghapus.”( Tirmidzi, Al- Hakim, Baihaqi)

3. Jadi rendah hati

Allah SWT menegaskan kalau orang- orang yang melaksanakan ibadah sholat tahajud hendak senantiasa mempunyai watak rendah hati serta bersahabat. Ketentraman yang ialah gambaran dari ketenangan jiwa dalam menempuh kehidupan tiap hari di warga hendak membuat kita jadi rendah hati.

BACA JUGA :  Niat Puasa Wajib

4. Mempercepat dalam menggapai tujuan serta rasa aman

Tidak hanya upaya( ikhtiar), kita butuh melaksanakan shalat tahajud sebab doa serta ibadah yang diiringi dengan sholat tahajud hendak dikabulkan oleh Allah. Allah hendak berikan kita tujuan yang kita mau serta rasa nyaman buat membuat hidup kita lebih gampang.

5. Melindungi ketampanan serta kecantikan diri

Nyaris tiap manusia di dunia ini nyatanya mendambakan ketampanan ataupun kecantikan di dalam dirinya. Lewat pengobatan sholat Tahajud, seorang bisa menggapai apa yang diinginkannya tanpa menghasilkan duit sepeser juga. Jaminan ketampanan ataupun kecantikan yang dihasilkan dari shalat tahajud tidak terbatas pada penampilan lahir saja tetapi pula menciptakan kecantikan batin.

Dalam suatu hadits Rasulullah SAW bersabda,

“ Barang siapa banyak melakukan shalat malam, maka wajah akan terlihat tampan atau cantik di siang hari.”( HR Ibnu Majah)

6. Bisa melindungi kesehatan

Tidak dapat diragukan lagi kalau sholat tahajud jadi pengobatan penyembuhan terbaik buat bermacam penyakit. Oleh sebab itu, orang yang menyesuikan diri buat tahajud hendak mempunyai energi tahan badan sehingga tidak gampang terkena penyakit. Semacam yang disebutkan dalam salah satu hadits,

“ Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang- orang shalih di hadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.”( HR Tirmidzi)

7. Melenyapkan rasa malas serta nafsu

Sholat tahajud merupakan salah satu metode buat melenyapkan rasa malas serta nafsu. Melaksanakan sholat tahajud pada dini hari hendak membuat kita lebih siap buat menyongsong hari keesokannya. Tidak hanya itu, musuh terbanyak dalam diri manusia merupakan nafsu.

BACA JUGA :  Adab dalam Berdoa

Melakukan sholat tahajud bisa jadi sedikit berat untuk sebagian orang sebab waktu pengerjaannya dicoba pada jam- jam umumnya manusia tertidur lelap. Godaan buat berangkat tidur pasti sangat besar dikala itu. Oleh sebab itu, orang yang bangun dari tidurnya buat melakukan shalat tahajud berarti sudah sukses menahan godaan dalam dirinya serta memilah buat beribadah kepada Allah SWT.

8. Diketahui selaku orang yang istimewa di mata Allah

Siapapun yang melaksanakan shalat tahajud hendak nampak selaku orang yang istimewa dimata Allah SWT. Perihal itu sebab shalat ini dicoba pada malam hari serta ialah waktu yang spesial serta khusyuk bersama Allah. Sebagaimana ada di dalam Al- Quran:

“ Jadi bersabarlah, karena Perintah( dari) Tuhanmu, karena sesungguhnya, kamu ada di Mata Kami. Dan muliakanlah pujian( dari) Tuhanmu kala kalian bangun, Dan pada malam hari, muliakan Dia, dan setelah bintang- bintang.”( At- Tur 52: 48- 49)

9. Menghindari melaksanakan dosa serta menghilangkan kejahatan dalam diri

Sholat tahajud bisa menghindari kita melaksanakan dosa serta menghapus kejahatan. Perihal ini sebab dicoba pada malam hari dimana banyak perbuatan dosa serta kejahatan bisa terjalin pada malam hari, semacam kemauan buat mencuri, menewaskan, serta lain- lain.

10. Mengusir setan yang menggoda diri

Setan senantiasa berupaya mengusik manusia dengan bermacam metode. Salah satunya dengan membagikan bisikan/ godaan supaya kita tidak shalat tahajud semacam kemauan buat tidur, letih, serta lain sebagainya. Dengan menyesuikan diri buat sholat tahajud, berarti kita telah sukses mengusir setan yang membatasi kita buat beribadah.

BACA JUGA :  Sujud Sahwi - Tata Cara dan Bacaan

11. Menuju ke husnul khotimah

Tiap makhluk hidup tentu hendak mati. Husnul khotimah hendak memastikan kita masih dalam kondisi islam dikala nyawa kita sudah diambil kembali oleh Allah SWT. Kondisi husnul khotimah ini pasti jadi idaman untuk orang- orang yang beriman. Wafat dalam kondisi husnul khotimah pasti hendak dipastikan surga oleh Allah SWT.

Kala seorang giat melakukan sholat tahajud, dirinya hendak senantiasa teringat kepada Allah sebab kematian tentu hendak menjemput kapanpun serta dimanapun tanpa dapat dicegah serta disadari oleh manusia. Dengan terus melakukan tahajud diharapkan dapat bawa seorang pada husnul khotimah.

12. Mengantarkan doa serta terdapat mungkin buat lebih kilat diijabah oleh Allah

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah tama serta ialah salah satu media yang efisien buat mengantarkan kemauan kita kepada Allah SWT. Kita dapat berdoa serta berharap tentang kehidupan yang makmur, keluarga yang tentram serta imbauan supaya senantiasa mengalirnya iman yang kokoh dalam diri kita.