Doa Turun Hujan

Doa Turun Hujan, Ketika Hujan Lebat, dan Setelah Hujan

Doa Turun Hujan

Semenjak dini hari sebagian daerah di Indonesia diguyur hujan, Selasa( 14/ 9). Hujan merupakan anugerah serta berkah dari Allah kepada umat manusia. Dengan turunnya hujan, tanaman jadi produktif. Tanaman yang produktif serta berkembang dengan baik sanggup berikan khasiat untuk manusia melalui buahnya, tumbuhan yang rindang, serta khasiat lain. Maka Panjatkanlah doa turun hujan di kala sedang hujan turun.

Doa Turun Hujan

Doa turun hujan di ucapkan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah menurunkan hujan untuk keberkahan umat di Bumi.

Islam pula menyarankan umatnya buat memanjatkan doa kala hujan turun, dikala hujan rimbun, serta sehabis hujan reda. Perihal ini selaku bentuk rasa syukur serta meminta proteksi supaya dikala hujan turun tidak mendatangkan bahaya.

BACA JUGA :  6 Lafadz Niat Zakat Fitrah

Imam Syafii sudah meriwayatkan dalam kitab al- Umm dengan sanad yang mursal, dari Nabi SAW, dia bersabda,” Carilah doa yang dikabulkan, ialah kala bertemunya 2 pasukan, waktu ikamah, dan kala turunnya hujan.

Imam an- Nawawi pula berkata doa pada dikala hujan tidak ditolak ataupun tidak sering ditolak sebab pada dikala itu tengah turun rahmat, spesialnya curahan hujan awal di dini masa.

Baca Doa turun hujan berikut ini di kala turun hujan :

Doa ketika turun hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Allahumma shayyiban nafi’an.”

Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).

Doa ketika takut bahaya hujan lebat atau hujan disertai angin kencang :

BACA JUGA :  Doa Setelah Sholat

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.”

Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim)

Doa setelah turun hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

“Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.”

Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)