Secara Bahasa, Muallaq Artinya

Secara Bahasa, Muallaq Artinya? dan Kaitanya Dengan Takdir

Takdir Muallaq artinya

Secara Bahasa, Muallaq Artinya?

Menurut bahasa, muallaq artinya adalah isim maf’ul, artinya “mengikat, bergantung, atau bergantung”. Sebagian ulama mengatakan bahwa kata muallaq yang secara bahasa (etimologis) “bergantung” memiliki unsur, jadi ta’liq al-thalaq (talak gantung) dan ta’liq al-jidar (talak gantung). pemotongan, katanya diambil dari penggunaan istilah (dinding gantung).

Secara bahasa, Muallaq artinya tergantung, dan Muallaq diartikan menggantung, maknanya adalah ketentuan Allah SWT.

Dalam arti tertulis, ini berarti bahwa Allah menentukan takdir/nasib manusia atas ikhtiar dan usahanya. Oleh karena itu, manusia bergantung kepada Allah SWT.

Kata Muallaq sering digunakan untuk menggambarkan takdir dan hadits. Berkaitan dengan takdir, ada yang namanya Takdir Muallaq. Di sisi lain, dalam kaitannya dengan hadits, ada yang disebut hadits Muallaq.
Nasib muallaq adalah aturan Allah, yang ditentukan oleh tingkat usaha makhluk-Nya. Dengan kata lain, persiapan Tuhan “bergantung” pada upaya makhluk hidup.
Hadits muallaq adalah hadits tergantung. Hadits yang dari permulaan sanadnya gugur seorang rawi atau lebih dengan berturut-turut
Takdir muallaq artinya adalah ketetapan atau ketetapan Allah yang dapat diubah dengan usaha. Contoh:

A. Orang sakit menjadi sehat ketika mereka mencoba berobat
B. Orang bodoh bisa menjadi bijak jika rajin belajar dan berdoa kepada Allah swt.

BACA JUGA :  Jelaskan Pengertian Malam Lailatul Qadar

C. Orang miskin yang bekerja keras dengan doa bisa menjadi kaya.

Dalam kata Kadar, itu kepastian, pengaturan, dan penanggulangan. Secara istilah, Kadar sudah tertulis sejak zaman Azali dan tentunya segala ketetapan (Kada) yang berkaitan dengan makhluk-Nya yang sejalan dengan Irada-nya. Qadar juga dikenal sebagai takdir Allah bagi seluruh makhluknya.

Qadar dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Takdir Muallaq dan takdir Mubram.

Takdir Mubram (takdir Tuhan, ini harus terjadi dan tidak bisa diubah). contoh :

A. Kematian semua makhluk hidup.

B. Kelahiran anak laki-laki atau perempuan.

C. Merebaknya orang-orang yang lahir di dunia ini.

Takdir mubram tertulis dalam Quran surat An Nisa ayat 78

أَيْنَمَا تَكُونُوا۟ يُدْرِككُّمُ ٱلْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِى بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَإِن تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا۟ هَٰذِهِۦ مِنْ عِندِ ٱللَّهِ ۖ وَإِن تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا۟ هَٰذِهِۦ مِنْ عِندِكَ ۚ قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِندِ ٱللَّهِ ۖ فَمَالِ هَٰٓؤُلَآءِ ٱلْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا

Arab-Latin: Aina mā takụnụ yudrikkumul-mautu walau kuntum fī burụjim musyayyadah, wa in tuṣib-hum ḥasanatuy yaqụlụ hāżihī min ‘indillāh, wa in tuṣib-hum sayyi`atuy yaqụlụ hāżihī min ‘indik, qul kullum min ‘indillāh, fa māli hā`ulā`il-qaumi lā yakādụna yafqahụna ḥadīṡā Terjemah Arti: Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: “Ini adalah dari sisi Allah”, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: “Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)”. Katakanlah: “Semuanya (datang) dari sisi Allah”. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?
Referensi: tafsirweb.com

BACA JUGA :  Ijma

Takdir muallaq artinya (Takdir Allah swt. Yang mungkin bisa diubah dengan jalan ikhtiar dan berdoa).

Contohnya :

a. Orang yang bodoh dapat pandai jika giat belajar dan berdoa kepada Allah swt.

b. Orang miskin yang berikhtiar dengan sungguh-sungguh disertai dengan doa dapat menjadi orang kaya.

Takdir muallaq tertulis dalam surat Ar Rad ayat 11

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Arab-Latin: Lahụ mu’aqqibātum mim baini yadaihi wa min khalfihī yaḥfaẓụnahụ min amrillāh, innallāha lā yugayyiru mā biqaumin ḥattā yugayyirụ mā bi`anfusihim, wa iżā arādallāhu biqaumin sū`an fa lā maradda lah, wa mā lahum min dụnihī miw wāl Terjemah Arti: Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

BACA JUGA :  Hukum Melaksanakan Sujud Tilawah

Dalil Naqli Takdir Muallaq

Surat An-Najm ayat 39

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

Arab-Latin: Wa al laisa lil-insāni illā mā sa’ā Terjemah Arti: Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya,

Kesimpulan

Jadi, jika ada pertanyaan tentang “muallaq artinya secara bahasa ?” maka jawabannya adalah “terikat, tergantung, atau bergantung”.
Demikianlah penjelasan tentang Muallaq Artinya Secara Bahasa . Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.