Ayat Kursi Latin dan Arab

Bacaan Ayat Kursi Latin dan Terjemah serta 9 Keutamaan Ayat Kursi

Ayat Kursi

Ayat kursi latin atau ayat kursi yang di tulis dalam tulisan bukan arab, biasanya di cari sebagian orang yang ingin mengamalkan ayat kursi namun tidak bisa atau belum bisa membaca tulisan arab maka muncullah tulisan ayat kursi latin.

Beberapa ulama berpendapat bahwa penamaan ayat kursi diartikan sebagai simbol keagungan dan kebesaran Allah SWT. Ayat kursi merupakan ayat dari surat Al Baqarah ayat 255 dalam Al-Quran sedangkan surat Al Baqarah adalah surat ke-2 setelah surat Al Fatihah. Ayat kursi sendiri jika di baca secara rutin bisa menjauhkan dari segala godaan jin dan setan yang terkutuk.

Dengan membaca ayat kursi maka akan menanamkan keyakinan yang kuat bahwa tidak ada yang di sembah kecuali Allah, tidak ada yang berkuasa kecuali Allah dan tidak ada yang hebat kecuali Allah SWT. Ayat Kursi memiliki kedudukan yang sangat Agung yang terdapat dalam Al Quran. Ayat kursi juga merupakan suatu doa yang mujarab dan serbaguna.

 

Ayat Kursi Latin dan Arab

Ayat Kursi Arab

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ
Referensi : https://tafsirweb.com/

Bacaan ayat kursi latin dan terjemahannya:

Ayat Kursi Latin

Bagi saudara yang belum bisa membaca tulisan arab maka berikut di bawah ini di sertakan ayat kursi latin, yang di harapkan bisa membantu semua orang yang ingin mengamalkanya untuk kebaikan.

“allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm”

Ayat kursi dan terjemahannya

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

BACA JUGA :  Doa Setelah Sholat

9 Keutamaan Ayat Kursi

Sebagi ayat yang agung di dalam Al Quran maka ayat kursi mempunyai banyak keutamaan dan banyak bermanfaat bagi yang mau mengamalkanya dalam kehidupan. Berikut ini beberapa keutamaan dari ayat kursi:

1. Ayat yang paling agung dalam Al Quran

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari HR. Muslim yang berbunyi:

عن أُبي هو ابن كعب أن النبي – صلى الله عليه وسلم – سأله أي آية في كتاب الله أعظم قال: الله ورسوله أعلم فرددها مرارا ثم قال: آية الكرسي قال” ليهنك العلم أبا المنذر والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش   (وقد رواه مسلم .. وليس عنده زيادة والذي نفسي بيده إلخ

Artinya:

Dari Ubay yaitu bin Ka’ab, sesungguhnya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bertanya kepadanya tentang ayat apakah yang paling agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau ulang pertanyaannya beberapa kali. Kemudian dia menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau mengatakan, “Selamat bagi anda wahai Abu Mundzir dengan ilmu anda. Demi yang jiwaku yang ada di tangan-Nya. Sesungguhnya (ayat Kursi) mempunyai mulut dan dua bibir yang disucikan para Malaikat di kaki Arsy.” (HR. Muslim)

BACA JUGA :  Doa-doa Setelah Sholat

2. Melindungi dari kejahatan dan godaan jin setan yang terkutuk

Bagi kamu yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka Allah akan memerintahkan dua malaikat untuk menjaganya selama ia tidur hingga pagi. Abduraahman bin ‘auf menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila masuk ke dalam rumahnya, dibacakan ayat kursi di empat penjuru rumahnya dan berharap ayat kursi tersebut dapat menjadi penghalang dan dinding bagi syaitan.

3. Membuka Pintu Hikmah dan Rezeki

Umat muslim yang membaca Alquran akan dijamin rezekinya oleh Allah SWT. Kemudian Allah akan membukakan pintu hikmah bagi siapapun yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali setiap harinya.

Selain itu, barang siapa yang membacanya akan dinaikkan derajatnya dan dimudahkan rezekinya oleh Allah di dunia dan akhirat. Dengan membaca ayat kursi sebanyak 18 kali sehari, Allah akan memberikan pengaruh besar sehingga orang akan senantiasa menghormatimu. Allah juga akan menjaga orang tersebut dari segala bencana yang akan menimpanya pada hari itu.

4. Ayat Kursi sebagai Penghulu Alquran

Keutamaan ayat kursi ialah sebagai surat yang paling unggul, paling, tinggi, dan penghulu ayat-ayat Alquran. Dengan membaca serta mengamalkan ayat kursi, Allah SWT akan menjaga umat muslim dari gangguan setan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Artinya: “Segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi. Sesungguhnya yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Al-Quran adalah Surat Al-Baqarah. Dan di dalam Surat Al-Baqarah ada ayat yaitu Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi.”

5. Ayat Paling Diberkahi

Sebagaimana sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam:

Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.“ (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali).(Baca : Cara Menghindari Syirik)

BACA JUGA :  6 Lafadz Niat Zakat Fitrah

6. Ayat Kursi Sebagai perlindungan bagi hamba-hambaNya

Allah menjanjikan perlindungan serta pengamanan bagi mereka yang membaca ayat kursi, sehingga mereka dapat terhindar dari segala bentuk kejahatan, terutama gangguan yang berasal dari jin dan syaitan seperti proses Ruqyah dengan membaca ayat kursi.

Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda:

Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari)

7. Dihilangkan Kekafiran

Bagi orang yang rutin membaca ayat kursi secara rutin, Allah akan mendatangkan keistimewaan atau keutamaan ayat kursi sebagai penghilang kekafiran. Dengan membaca ayat kursi, Allah akan senantiasa menghilangkan segala kekafiran yang di depan mata.

8. Memudahkan Sakaratul Maut

Allah SWT akan mendatangkan sesuatu yang diinginkan dan yang sebelumnya tidak ada menjadi ada dengan mengamalkan ayat kursi. Bagi umat muslim yang membaca ayat kursi, akan Allah mudahkan sakaratul mautnya.

9. Terdapat Izmul Azham

Ayat kursi sebagai ayat yang paling agung dalam Alquran mengandung izmul azham. Apabila kamu mengamalkannya, Allah akan mengabulkan segala doa yang diminta. Dalam memenuhi kebutuhan maupun hajat lainnya, ayat kursi menjadi senjata yang paling ampuh tiada tara.